PEMANFAATAN WEB YOUTUB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Tengah Semester Mata Kuliah Media Pembelajaran
Dosen pengampu: Guntur
Cahyono, M.Pd.I
Disusun
Oleh:
Eva Rif’aturrobiah (23010- 15- 0270)
Kelas B
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU
KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA
2017
Manfaat Web Youtube Sebagai Media Pembelajaran PAI
Seiring perkembangan zaman yang membuat terjadiya persaingan dari
segi teknologi informasi. Youtube hadir dengan segala kemudahan-kemudahan yang
diberikan. Youtube adalah suatu situs website berupa layanan media sharing video
online populer di dunia internet yang memungkinkan penggunaanya memuat,
menonton dan berbagi klip video secara gratis. Sejak diluncurkan Desember 2005
dan diakusisi oleh google pada tahun 2006, penggunaan youtube terus meningkat
mencapai lebih dari satu milyar perhari (Wall Street Journal, 9 juli 2008 dalam
Burnett, Melissa, 2008). Statistik terakhir menunjukkan lebih dari 4 milyar
video youtube ditonton setiap harinya. Media sangat disukai karena dapat
berfungsi sebagai sumber informasi, hiburan dan ekspresi diri yang dapat
diakses secara luas dalam 24 jam di 39 negara dalam 54 bahasa. Pada tahun 2011,
penayangan youtube mencapai lebih dari 1 triliun atau hampir 140 penayangan
untuk tiap orang di bumi ini. (www.Youtube.com)
Menurut Agazio & Buclev (2008), youtube merupakan layanan file
sharing berbasis web yang memungkinkan individu untuk membangun profil publik,
menentukan daftar pengguna lain untuk berbagi videoserta untuk melihat daftar
koneksi atau konten yang dibuat oleh orang lain.(bucklev,
2008, hal. 23-28)
Tujuan memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran adalah untuk
menciptakan sebuah kondisi dan suasana pembelajaran yang menarik menyenangkan
dan interaktif.
Video pembelajaran di youtube dapat dimanfaatkan untuki
pembelajaran interaktif di kelas, baik untuk siswa maupun guru itu sendiri
melalui presentasi secara online maupun offline. Pemanfaatan youtube sebagai
media pembelajaran dapat digunakan setiap saat tanpa dibatasi oleh ruang dan
waktu dengan syarat komputer atau media presentasi terhubung dengan internet.
Youtube memiliki beberapa keunggulan sebagai media pembelajaran
yaitu;
1.
potensial
yaitu youtube merupakan situs yang paling populer di dunia internet saat ini yang mampu memberikan edit value
terhadap education atau pendidikan.
2.
Praktis
yaitu youtube mudah digunakan dan dapat diikuti oleh semua kalangan termasuk
siswa dan guru.
3.
Informatif
yaitu youtube memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pendidikan,
teknologi, kebudayaan dan lain-lain.
4.
Interaktif
yaitu youtube memfasilitasi kita untuk berdiskusi ataupun melakukan tanya jawab
bahkan mereview sebuah video pembelajaran.
5.
Sheareable
yaitu youtube memiliki fasilitas link HTML, Embed kode video yang dapat di
share dijejaring sosial seperti facebook, twitter, dan juga blog atau website.
6.
Ekonomis
yaitu youtube gratis untuk semua kalangan.(hartoyo, 2010)
Media video sebagai media pembelajaran PAI
Video termasuk
dalam media pembelajaran audio visual yaitu seperangkat yang dapat
memproyeksikan gambar bergerak dan bersuarapaduan antara gambar dan suara
membentuk karakter yang sama dengan bentuk objek aslinya.(sudirman,
2007, hal. 103)
Menurut Sukiman
video adalah seperangkat alat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar
sekaligus suara dalam waktu bersamaan. Pada hakekatnya video adalah mengubah
ide atau gagasan menjadi sebuah tayangan gamabar dan suara yang proses
perekamannya dan penayangan melibatkan teknonogi tertentu.(arsyad,
2011, hal. 49)
Kemampuan film dan video melukiskan gambar hidur dan suara memberinya daya
tarik tersenditri. Kedua jenis media ini pada umumnya digunakan untuk
tujuan-tujuan hiburan dokumentasi dan pendidikan.
Media film dan
video mempunyai kelebihan dan kekurangan. Diantara kelebihan atau keunggulannya
adalah film an video dapat: (arsyad, 2011, hal.
49-50)
a.
Melengkapi
pengalamam-pengalaman dasar dari peserta didik ktika meerea membaca berdiskusi
berpraktik.
b.
Menggambarkan
suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan berulang-ulang jika dipandang
perlu.
c.
Meningkatkan
dan motivasi dan menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya.
d.
Mengundang
pemikiran dan pembahasan dalam kelompok peserta didik.
e.
Menyajikan
peristiwa yang berbahaya bila dilihat secara langsung.
f.
Ditunjukkan
kepada kelompok besar atau kecil, kelompok heterogen atau perorangan.
g.
Menjadikan
waktu lebih efisien dan efektif, misal prosesi perawatan jenazah yang
sesungguhnya selesai dalam waktu sekitar 6 jam, dapat ditampilkan dalam
beberapa menit saja.
Sedangkan kekurangan atau kelemahan dari media film dan video
antara lain;(arsyad, 2011, hal. 50)
a.
Pengadaan
film dan video umumnya memerlukan biaya mahal dan waktu yang banyak
b.
Film
atau video yang terus berputar bisa menjadikan sebagian peserta didik tidak
mampu mengikuti informasi yang ingin disampaikan.
c.
Film
dan video yang tesedia tidak selalu sesuai kebutuhan dan tujuan belajar yang di
inginkan, kecuali dirancang dan diproduksi khusus untuk kebutuhan sendiri.
Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran siswa dapat
menganalisis informasi yang relevan dengan pembalajaran dan melakukan pencarian
yang sesuai dengan kehidupan nyatanya. Siswa dan guru tidak harus hadir di
sekolah secara fisik karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan
tugas-tugas pembelajara serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer
yang telah ditetapkan secara online.
Penggunaan internet dalam pembelajaran;
a.
Pemanfaatan
internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar mandiri.
b.
Siswa
dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, data base,
dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi,
rekaman, laporan, dan data statistik.
c.
Siswa
dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analisis, tidak hanya
sebagai konsumen informasi saja.
d.
Media
berbasis internet memiliki bermacam-macam jenis yaitu email, chating, video
teleconference, blog, e-learning, web, dan lain-lain.(usman,
2002)
PEMANFAATAN WEB YOUTUB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Tengah Semester Mata Kuliah Media Pembelajaran
Dosen pengampu: Guntur
Cahyono, M.Pd.I
Disusun
Oleh:
Eva Rif’aturrobiah (23010- 15- 0270)
Kelas B
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU
KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA
2017
Manfaat Web Youtube Sebagai Media Pembelajaran PAI
Seiring perkembangan zaman yang membuat terjadiya persaingan dari
segi teknologi informasi. Youtube hadir dengan segala kemudahan-kemudahan yang
diberikan. Youtube adalah suatu situs website berupa layanan media sharing video
online populer di dunia internet yang memungkinkan penggunaanya memuat,
menonton dan berbagi klip video secara gratis. Sejak diluncurkan Desember 2005
dan diakusisi oleh google pada tahun 2006, penggunaan youtube terus meningkat
mencapai lebih dari satu milyar perhari (Wall Street Journal, 9 juli 2008 dalam
Burnett, Melissa, 2008). Statistik terakhir menunjukkan lebih dari 4 milyar
video youtube ditonton setiap harinya. Media sangat disukai karena dapat
berfungsi sebagai sumber informasi, hiburan dan ekspresi diri yang dapat
diakses secara luas dalam 24 jam di 39 negara dalam 54 bahasa. Pada tahun 2011,
penayangan youtube mencapai lebih dari 1 triliun atau hampir 140 penayangan
untuk tiap orang di bumi ini. (www.Youtube.com)
Menurut Agazio & Buclev (2008), youtube merupakan layanan file
sharing berbasis web yang memungkinkan individu untuk membangun profil publik,
menentukan daftar pengguna lain untuk berbagi videoserta untuk melihat daftar
koneksi atau konten yang dibuat oleh orang lain.(bucklev,
2008, hal. 23-28)
Tujuan memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran adalah untuk
menciptakan sebuah kondisi dan suasana pembelajaran yang menarik menyenangkan
dan interaktif.
Video pembelajaran di youtube dapat dimanfaatkan untuki
pembelajaran interaktif di kelas, baik untuk siswa maupun guru itu sendiri
melalui presentasi secara online maupun offline. Pemanfaatan youtube sebagai
media pembelajaran dapat digunakan setiap saat tanpa dibatasi oleh ruang dan
waktu dengan syarat komputer atau media presentasi terhubung dengan internet.
Youtube memiliki beberapa keunggulan sebagai media pembelajaran
yaitu;
1.
potensial
yaitu youtube merupakan situs yang paling populer di dunia internet saat ini yang mampu memberikan edit value
terhadap education atau pendidikan.
2.
Praktis
yaitu youtube mudah digunakan dan dapat diikuti oleh semua kalangan termasuk
siswa dan guru.
3.
Informatif
yaitu youtube memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pendidikan,
teknologi, kebudayaan dan lain-lain.
4.
Interaktif
yaitu youtube memfasilitasi kita untuk berdiskusi ataupun melakukan tanya jawab
bahkan mereview sebuah video pembelajaran.
5.
Sheareable
yaitu youtube memiliki fasilitas link HTML, Embed kode video yang dapat di
share dijejaring sosial seperti facebook, twitter, dan juga blog atau website.
6.
Ekonomis
yaitu youtube gratis untuk semua kalangan.(hartoyo, 2010)
Media video sebagai media pembelajaran PAI
Video termasuk
dalam media pembelajaran audio visual yaitu seperangkat yang dapat
memproyeksikan gambar bergerak dan bersuarapaduan antara gambar dan suara
membentuk karakter yang sama dengan bentuk objek aslinya.(sudirman,
2007, hal. 103)
Menurut Sukiman
video adalah seperangkat alat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar
sekaligus suara dalam waktu bersamaan. Pada hakekatnya video adalah mengubah
ide atau gagasan menjadi sebuah tayangan gamabar dan suara yang proses
perekamannya dan penayangan melibatkan teknonogi tertentu.(arsyad,
2011, hal. 49)
Kemampuan film dan video melukiskan gambar hidur dan suara memberinya daya
tarik tersenditri. Kedua jenis media ini pada umumnya digunakan untuk
tujuan-tujuan hiburan dokumentasi dan pendidikan.
Media film dan
video mempunyai kelebihan dan kekurangan. Diantara kelebihan atau keunggulannya
adalah film an video dapat: (arsyad, 2011, hal.
49-50)
a.
Melengkapi
pengalamam-pengalaman dasar dari peserta didik ktika meerea membaca berdiskusi
berpraktik.
b.
Menggambarkan
suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan berulang-ulang jika dipandang
perlu.
c.
Meningkatkan
dan motivasi dan menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya.
d.
Mengundang
pemikiran dan pembahasan dalam kelompok peserta didik.
e.
Menyajikan
peristiwa yang berbahaya bila dilihat secara langsung.
f.
Ditunjukkan
kepada kelompok besar atau kecil, kelompok heterogen atau perorangan.
g.
Menjadikan
waktu lebih efisien dan efektif, misal prosesi perawatan jenazah yang
sesungguhnya selesai dalam waktu sekitar 6 jam, dapat ditampilkan dalam
beberapa menit saja.
Sedangkan kekurangan atau kelemahan dari media film dan video
antara lain;(arsyad, 2011, hal. 50)
a.
Pengadaan
film dan video umumnya memerlukan biaya mahal dan waktu yang banyak
b.
Film
atau video yang terus berputar bisa menjadikan sebagian peserta didik tidak
mampu mengikuti informasi yang ingin disampaikan.
c.
Film
dan video yang tesedia tidak selalu sesuai kebutuhan dan tujuan belajar yang di
inginkan, kecuali dirancang dan diproduksi khusus untuk kebutuhan sendiri.
Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran siswa dapat
menganalisis informasi yang relevan dengan pembalajaran dan melakukan pencarian
yang sesuai dengan kehidupan nyatanya. Siswa dan guru tidak harus hadir di
sekolah secara fisik karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan
tugas-tugas pembelajara serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer
yang telah ditetapkan secara online.
Penggunaan internet dalam pembelajaran;
a.
Pemanfaatan
internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar mandiri.
b.
Siswa
dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, data base,
dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi,
rekaman, laporan, dan data statistik.
c.
Siswa
dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analisis, tidak hanya
sebagai konsumen informasi saja.
d.
Media
berbasis internet memiliki bermacam-macam jenis yaitu email, chating, video
teleconference, blog, e-learning, web, dan lain-lain.(usman,
2002)
Daftar Pustaka
arsyad.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
bucklev.2008.
an untapped resource.
hartoyo.2010.
teknologi informasi dan komunikasi . Semarang: Pelita Insani.
sudirman.2007. Media
Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
usman.2002. media
pembelajaran.Jakarta: Ciputat Pres.
Daftar Pustaka
arsyad.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
bucklev.2008.
an untapped resource.
hartoyo.2010.
teknologi informasi dan komunikasi . Semarang: Pelita Insani.
sudirman.2007. Media
Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
usman.2002. media
pembelajaran.Jakarta: Ciputat Pres.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar